Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Pembuat Video Pembelajaran Bagi Guru-Guru SD Se-Kabupaten Bengkalis untuk Menyiapkan Peserta Didik Menghadapi 21ST Century Skills

Authors

  • Zulhelmi Pendidikan Fisika, PMIPA, FKIP, Universitas Riau, Pekanbaru Indonesia
  • Ernidawati Pendidikan Fisika, PMIPA, FKIP, Universitas Riau, Pekanbaru Indonesia
  • Fakhruddin Z Pendidikan Fisika, PMIPA, FKIP, Universitas Riau, Pekanbaru Indonesia
  • Rahmad Pendidikan Fisika, PMIPA, FKIP, Universitas Riau, Pekanbaru Indonesia
  • Azhar Pendidikan Fisika, PMIPA, FKIP, Universitas Riau, Pekanbaru Indonesia
  • Naila Fauza Pendidikan Fisika, PMIPA, FKIP, Universitas Riau, Pekanbaru Indonesia
  • Hafizh Alfahrezy Pendidikan Fisika, PMIPA, FKIP, Universitas Riau, Pekanbaru Indonesia
  • Rizka Wahyuni Pendidikan Fisika, PMIPA, FKIP, Universitas Riau, Pekanbaru Indonesia

Keywords:

Guru, Pembelajaran Virtual, SD, Video Pembelajaran

Abstract

Pelatihan pemanfaatan aplikasi video pembelajaran bagi guru-guru SD se-Kabupaten Bengkalis ini bermanfaat bagi guru-guru SD untuk membuat video pembelajaran yang menarik serta meningkatkan kemampuannya dala mengelola dan memanfaatkan ICT. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini media pembelajaran yang digunakan guru menjadi lebih bervariasi dan menarik untuk menghilangkan kebosanan siswa dalam pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terutama ditujukan kepada masyarakat ini terutama ditujukan kepada guru-guru SD pinggiran di Kabupaten Bengkalis yang memiliki jaringan internet yang baik. Pemilihan sekolah dan guru-guru yang terlibat dalam kegiatan pelatihan ini berdasarkan kriteria keadaan dan izin sekolah dan kualitas jaringan internet di daerah karena kegiatan ini akan dilaksanakan secara daring. Direncanakan jumlah guru yang terlibat 20 orang dengan utusan tiap sekolah 1 orang. Jadi jumlah sekolah yang terlibat sebanyak 20 Sekolah Dasar. Dalam rangka pelaksanaan kegiatan berupa pelatihan pemanfaatan aplikasi pembuat video pembelajaran bagi guru SD se-Kabupaten Bengkalis, diperlukan kerjasama dengan sekolah-sekolah terutama dengan Kepala Sekolah yang bersangkutan. Untuk terlaksananya kegiatan ini dengan baik perlu izin dari Kepala Sekolah bersangkutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, N. P. A. M., dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Pergung. Mimbar PGSD, (Online), 1 (1).

Febriani, C. 2017. Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, (Online), 5 (1): 11-21.

Hadi, S. (2017, May). Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 96-102).

https://sipps.ciptakarya.pu.go.id, 2017, Rencana program investasi jangka menengah (RPIJM) bidang Cipta Karya Kabupaten Bengkalis tahun 2017-2021diakses 30 Oktober 2021

Irfan, A., dkk. 2016. Perbedaan Media Audio Visual dan bukan Audio Visual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. Wahana Sekolah Dasar (Kajian Teori dan Praktik Pendidikan), (Online), 24 (1): 1-8.

Mufliq, M., Handhika, J., & Kurniadi, E. (2016). Mengembangkan Mutu Alat Evaluasi Belajar Jenis Multiple Choice melalui Pemanfaatan ICT. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 1(1), 58-63.

Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video pembelajaran berbasis sparkol videoscribe: Inovasi pada perkuliahan sejarah matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127-135.

Sarkono, dkk. 2016. Penerapan Pendekatan Saviberbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Sanan Girimarto Wonogiri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, (Online), 1 (7): 1235-1241.

Sudiarta, I. G. P. & Sadra I. P. 2016. Pengaruh Model Blended Learningberbantuan Video Animasi tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, (Online), 49 (2): 48-58.

Supryadi, P. E., dkk. 2013. Penerapan Media Video Pembelajaran sebagai Aplikasi Pendekatan Contekstual Teaching Learninguntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, (Online), 1 (1).

Surjono, H. D. (2013). Peranan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam peningkatan proses pembelajaran yang inovatif. In Seminar Nasional Pendidikan & Saintec UMS.

Suryansyah, T. & Suwarjo. 2016. Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, (Online), 4 (2): 209-221.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Zulhelmi, Ernidawati, Fakhruddin Z, Rahmad, Azhar, Naila Fauza, … Rizka Wahyuni. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Pembuat Video Pembelajaran Bagi Guru-Guru SD Se-Kabupaten Bengkalis untuk Menyiapkan Peserta Didik Menghadapi 21ST Century Skills. Jurnal Selekta PKM : Pengabdian Masyarakat Dan Kukerta, 2(1), 36–42. Retrieved from https://journal.riau-edutech.com/index.php/selektapkm/article/view/48

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.