Peningkatan Kompetensi Guru terhadap Penggunaan KIT Mekanika dalam Pembelajaran Fisika SMA Kab. Kampar

Authors

  • Azhar
  • Dedi Irawan Department of Physics, PMIPA, FKIP Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • nur islami Department of Physics, PMIPA, FKIP Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia

Keywords:

KIT, kegiatan pengabdian, fisika, pengetahuan

Abstract

Abstrak: Proses pembelajaran di sekolah tidak lepas dari kemampuan kognitif siswa mengenai bahan ajar. Khususnya materi pembelajaran fisika, kemampuan siswa dalam memahami materi sangat bergantung pada bagaimana proses pembelajaran (pemahaman konsep) ditekankan. Materi Fisika khususnya mekanika terkadang sulit untuk dijelaskan dalam kehidupan nyata karena keterbatasan contoh, namun KIT Mekanika merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk membantu siswa mencapai tujuan belajarnya. Tentunya proses ini diawali dari kemampuan dan penguasaan penggunaan KIT oleh guru dalam hal ini guru fisika. Rumusan masalah dalam kegiatan pengabdian ini adalah bagaimana meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan Mekanika KIT dalam pembelajaran. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengadakan pelatihan bagi guru-guru di SMA N 1 Kampar untuk meningkatkan kompetensi dan penguasaan penggunaan mekanik KIT dalam pembelajaran. Luaran pengabdian berupa 1 artikel yang dikirimkan ke jurnal pengabdian yang ber ISSN, laporan pengabdian, dan video kegiatan pengabdian.

Keywords: KIT, kegiatan pengabdian, fisika, pengetahuan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Duran Corebima. 1999. Proses dan Hasil Pembelajaran MIPA di SD, SLTP, dan SMU: Perkembangan Penalaran Siswa tidak Dikelola Secara Terencana. Proceeding Seminar on Quality Improvement of Mathematics and Sciences Education in Indonesia, Bandung: August 11, 1999.

Hamalik, O., 2003. Perncanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Bumi Aksara, Bandung.

Hamalik, O., 2007, Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Bandung.

Hosnan, M., 2014, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Imas Kurniasih & Berlin Sani, 2014, Impelementasi Kurikulum 2013: Konsep & Penerapan, Kata Pena, Surabaya.

Kartono, dkk., 2010, Peningkatan Kreatifitas dan Motivasi Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kontekstual, http://eprints.uns.ac.id/1187/1/76-238-1-PB.pdf (2 November 2013).

Kemdikbud, 2013. Data referensi Satuan Pendidikan (Sekolah) per Kec. Pangkalan Kerinci Berdasarkan Jenis Pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?kode=090805&level=3

Rochaety, Ety,dkk., 2006, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Bumi Akasara, Jakarta.

Rusman., 2012, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer, Alfabeta, Bandung.

Sadiman, Arief S, dkk., 2007, Media Pendidikan, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Uno, Hamzah B dan Nurdin Mohamad., 2012, Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik, Bumi Aksara, Jakarta.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Azhar, Dedi Irawan, & nur islami. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru terhadap Penggunaan KIT Mekanika dalam Pembelajaran Fisika SMA Kab. Kampar. Jurnal Selekta PKM : Pengabdian Masyarakat Dan Kukerta, 2(1), 1–7. Retrieved from https://journal.riau-edutech.com/index.php/selektapkm/article/view/17

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.