PENINGKATAN GERAKAN LITERASI TENTANG PENTINGNYA MEMBACA DI MIM PEBAUN HILIR

Authors

  • Naila Fauza Department of Physics Education, PMIPA, FKIP Universitas Riau, Pekanbaru Indonesia
  • Villa Indah Delvia Program Studi Biologi FMIPA
  • Tri Amanda Program Studi Pendidikan Kimia FKIP
  • Rahmi Safitri Program Studi Pendidikan Kimia FKIP
  • Weni Veronika Program Studi Pendidikan Kimia FKIP
  • Indah Tri Mardiani Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP
  • Dia Silniati Irda Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan FPK
  • M.Adnin Firmansyah Simanjuntak Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan FPK
  • Teguh Pratama Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan FPK
  • Agung Kurniawan Hanafi Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan FPK

Keywords:

sudut baca, minat baca, pendidikan, pandemi, prestasi

Abstract

Sudut baca merupakan program dengan berbagai macam kegiatan gunanya untuk menumbuhkan semangat membaca dan mengkondusifkan suasana sekolah untuk membaca. Dalam hal ini, dipilih lokasi yang strategis agar semua siswa siswi yang membaca bisa dimonitoring langsung oleh guru dengan bantuan mahasiswa KUKERTA selama beberapa saat. Hal ini bertujuan untuk mencegah dan mengantisipasi turunnya secara drastis minat baca siswa siswi MIM Pebaun Hilir akibat kebijakan belajar secara daring pada saat pandemi Covid-19 mewabah. Dengan diadakannya pengelolaan media sudut baca, kekhawatiran guru sangat berkurang terhadap minat baca pelajar dari kelas 1-6 tersebut. Antusiasme dari mereka dengan datang dan rajin membaca buku setiap harinya di jam istirahat. Penerapan metode ini memberikan manfaat untuk semua lapisan masyarakat MIM Pebaun Hilir. Misalnya, dua orang pelajar berhasil meraih juara 1 KSM tingkat Kabupaten bidang Matematika dan juara 2 KSM tingkat Kabupaten bidang IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Kegiatan ini dapat menjadi pemacu bagi siswa siswi berlomba untuk membaca, dengan rajin membaca banyak informasi yang di dapatkan sehingga menambah wawasan ilmu pengetahuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gasperz,V.1997. Manajemen Bisnis Total dalam Era Globalisasi.Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Ramadhanti N.N dan Siti J.2019. Pemanfaatan Sudut Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo.1(1):41.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Naila Fauza, Villa Indah Delvia, Tri Amanda, Rahmi Safitri, Weni Veronika, Indah Tri Mardiani, … Agung Kurniawan Hanafi. (2024). PENINGKATAN GERAKAN LITERASI TENTANG PENTINGNYA MEMBACA DI MIM PEBAUN HILIR. Jurnal Selekta PKM : Pengabdian Masyarakat Dan Kukerta, 2(1), 14–21. Retrieved from https://journal.riau-edutech.com/index.php/selektapkm/article/view/29

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.